05/03/2017

Perikanan dan Kelautan dalam Al-qur'an

http://pernikdunia.com/laut/pemandangan-bawah-laut/
 "Dan Dialah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai; dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur".(QS An-nahl 16:14)

Alqur'an merupakan wahyu yang Allah SWT turunkan kepada nabi Muhammad SAW. Sebagai petunjuk bagi ummat manusia seluruhnya. Mencakup seluruh nilai - nilai kehidupan, hukum dan penciptaan. Tidak hanya mengenai masalah akhirat saja tapi hingga pada permasalahan dunia ini.

Dalam ayat tersebut dengan jelas Allah SWT menjelaskan mengenai menundukkan lautan (untukmu), memakan daging yang segar (ikan), dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai dan semua itu ditujukan kepada manusia agar kita senantiasa mencari karunia Allah SWT yang Maha Luas dan bersyukur atas seluruh karunia yang kita dapatkan hingga sekarang.

Ada isyarat yang Allah SWT tujukan pada manusia seluruhnya yakni terkait dengan pemanfaatan sumberdaya alam yang telah Allah SWT sediakan. Pemanfaatan tersebut meliputi laut secara luas, permukaan laut dan dalam laut

Pemanfaatan laut seluruhnya meliputi bagian atas laut yang terdiri dari angin, gelombang, getaran, suhu dan air. Pemanfaatan permukaan laut meliputi air, suhu, gelombang, dan lain sebagainya. Pemanfaatan dalam laut meliputi seluruh isi yang terkandung didalamnya. Dari sini dapat kita renungkan betapa hebatnya penciptaan laut dan manfaatnya bagi kehidupan ini.

Referensi Pendukung
Herdiawan. 2016. Kedaulatan Pangan Maritim: dinamika & problematika. Lembaga Ketahanan Nasional RI. Indonesia
Latest
Next Post

Tafshare.com merupakan blog yang dijadikan sebagai media berbagi pengalaman, metode dan opini seputar pertanian, perikanan, peternakan dan cabang-cabangnya berdasarkan sumber yang kredibel atau pengalaman yang telah di lalui demi turut serta menguatkan ketahanan pangan Indonesia melalui edukasi dari laman digital.

0 comments: